Kecemburuan Sosial di Kalangan Wanita Dalam Perspektif Komunikasi (Studi kasus pada ibu-ibu di Gampong Blang Kuala, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan)

Pipit Visa Mauliana, 150401086 (2021) Kecemburuan Sosial di Kalangan Wanita Dalam Perspektif Komunikasi (Studi kasus pada ibu-ibu di Gampong Blang Kuala, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Kecemburuan Sosial di Kalangan Wanita Dalam  Perspektif Komunikasi]
Preview
Text (tentang Kecemburuan Sosial di Kalangan Wanita Dalam Perspektif Komunikasi)
Pipit Visa Mauliana, 150401086, FDK, KPI, 082161095772.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kecemburuan Sosial di Kalangan Wanita Dalam Perspektif Komunikasi (Studi kasus pada ibu-ibu di Gampong Blang Kuala, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan)”. Kecemburuan sosial sering kali terjadi di kalangan wanita terutama pada ibu-ibu yang mengikuti kegiatan arisan dimana peneliti melihat mereka tidak hanya melakukan kegiatan yang seharusnya mereka lakukan tetapi mereka cenderung membicarakan orang lain. Misalnya,” si A sudah memiliki rumah baru,emas baru dan si B sudah membeli mobil baru, kemudian si C menceritakan tentang si A dan si B kepada orang lain di karenakan kecemburuan sosiaal”. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penyebab terjadinya kecemburuan sosial terhadap wanita dalam perspektif komunikasi. Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh kecemburuan sosial terhadap suatu hubungan.. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi. Hasil penelitian diperoleh Terjadinya kecemburuan sosial dikalangan wanita sudah biasa terjadi. faktor ekonomi adalah faktr memicu terjadinya kecemburuan sosial yaitu rasa ingin memiliki barang seperti handphone, baju, tas, sepatu dari brand ternama tetapi dan rasa bersaing di dunia fashion agar terlihat dan dipandang lebih menarik dan cantik dimata orang lain, tetapi tidak mampu untuk membelinya. Masalah fashion dan barang-barang mewah adalah hal utama bagi wanita dan memiliki rasa ingin memiliki barang tersebut. Hal ini adalah salah satu faktor terjadinya kecemburuan sosial dikalangan wanita. Dampak kesenjangan sosial yang terjadi ditengah- tengah masyarakat gampong Blang Kuala sangat jelas, hal ini tentunya menjadi masalah dalam masyarakat, dampak yang paling jelas adalah gossip yang ditimbulkan oleh masyarakat, membuat kurang harmonisnya hubungan masyarakat, kemudian iri hari melihat orang lain lebih banyak memiliki harta dan yang memiliki harta banyak tidak peduli dengan orang-orang miskin, ini menjadi masalah besar ditengah-tengah masyarakat yang terakhir adalah sering terjadi pertengkaran sesama masyarakat, banyak masyarakat yang bertengkar karena masalah harta ditengah-tengah masyarakat ini tentunya akibat dari kesenjangan sosial yang begitu tajam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Pipit Visa Mauliana Pipit
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:59
Last Modified: 18 Mar 2021 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16518

Actions (login required)

View Item
View Item