Peran Penyuluh Agama Islam dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues

Wahyu Fitri, 150402032 (2020) Peran Penyuluh Agama Islam dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Peran Penyuluh Agama Islam dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues]
Preview
Text (tentang Peran Penyuluh Agama Islam dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues)
Wahyu Fitri, 150402032, FDK, BKI, 082277477463.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Peran Penyuluh Agama Islam dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues”. Penyuluh Agama Islam memegang peran untuk menyampaikan pesan pembangunan dengan pendekatan dan bahasa agama. Penyuluh kurang berperan aktif dalam memberikan penerangan terhadap keluarga-keluarga yang belum sakinah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Peran Penyuluh Agama Islam dalam mewujudkan keluarga sakinah di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Hal ini perlu diterapkan tugas penyuluh Agama Islam untuk mewujudkan keluarga sakinah. Metode apa yang dilakukan penyuluh Agama Islam Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peran penyuluh Agama Islam dalam mewujudkan kelurga sakinah Penyuluh Agama Islam Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues telah melakukan perannya dalam melakukan pembimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat dengan menggunakan berbagai metode seperti metode ceramh, diskusi dan Tanya jawab. Sebagaimana juga penyuluh Agama menyampaikan pesan pembangunan berupa melakukan penyuluhan dan bimbingan untuk menurunkan angka perceraian melalui bahasa Agama. Penyuluh Agama islam juga melakukan upaya pembekalan berupa pembimbingan dan penyuluhan dengan materi yang berhubungan dengan cara mencapai keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wahyu Fitri Ayu
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:40
Last Modified: 18 Mar 2021 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16519

Actions (login required)

View Item
View Item