Pemikiran Muhammad Fathullah Gulen dalam Pembaharuan Islam.

Imam Firnanda, 160301019 (2020) Pemikiran Muhammad Fathullah Gulen dalam Pembaharuan Islam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Pemikiran Muhammad Fathullah Gulen dalam Pembaharuan Islam.]
Preview
Text (tentang Pemikiran Muhammad Fathullah Gulen dalam Pembaharuan Islam.)
Imam Firnanda, 160301019, FUF, AFI, 082364180148.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Muhammad Fathullah Gulen merupakan pemikir Islam yang memberikan kontribusi dalam mewujudkan perdamaian umat manusia. Ia juga sosok sufi, pemikir rasional, penyair dan pembawa pesan perdamaian. Muhammad Fathullah Gulen mengingatkan banyak orang tentang pandangan inklusif Islam yang didasarkan pada konsep sufisme dan cinta pada kemanusiaan dan bahwa Islam senantiasa selaras dengan modernitas, demokrasi dan kemajuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, memahami dan menganalisa pemikiran Muhammad Fathullah Gulen dalam pembaharuan Islam, baik yang ditawarkan oleh Gulen maupun konsep secara umum.
Dalam penulisan Skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menelaah sumber data-data primer maupun skunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: analiasis deskriptif dan analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammad Fathullah Gulen mempunyai sebuah pemikiran yang mereformasi paradigma masyarakat dengan tujuan untuk mengubah kehidupan yang menekankan nilai toleransi, integritas dan akhlak. Jalan dari hal itu berbentuk pendidikan, agama dan sosial. Gerakan Muhammad Fathullah Gulen hanya untuk kemaslahatan umat dengan ajaran Islam yang murni dalam esensi dan karakteristik yang sesuai dengan masyarakat pada masa Turki Utsmani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Imam Firnanda Imam
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:55
Last Modified: 18 Mar 2021 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16522

Actions (login required)

View Item
View Item