Konsep Pengentasan Kemiskinan Masyarakat dalam Perspektif Asghar Ali Engineer

Rasyidah, 160301009 (2020) Konsep Pengentasan Kemiskinan Masyarakat dalam Perspektif Asghar Ali Engineer. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Konsep Pengentasan Kemiskinan Masyarakat  dalam Perspektif Asghar Ali Engineer]
Preview
Text (Tentang Konsep Pengentasan Kemiskinan Masyarakat dalam Perspektif Asghar Ali Engineer)
Rasyidah, 160301009, FUF, AFI, 082277466062.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan ancaman yang serius terhadap aqidah seseorang. Konsep kemiskinan suatu masalah yang selalu dihadapi oleh manusia dan implikasi permasalahannya dapat melibatkan keseluruhan aspek kehidupan manusia. Pemikiran Asghar Ali Engineer dalam mengentaskan kemiskinan masyarakat hanya dapat diciptakan apabila konsep keadilan bisa dipahami dalam semua bidang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep kemiskinan dan upaya mengentaskan kemiskinan masyarakat dalam perspektif Asghar Ali Engineer.
Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menelaah sumber data-data primer maupun sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: analisis deskriptif dan analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pengentasan kemiskinan masyarakat perspektif Asghar Ali Engineer adalah kemiskinan disebabkan oleh sebagian mereka yang berkuasa, namun tidak dilihat dari sisi kehidupan dunia saja tetapi juga dilihat dari kehidupan akhirat. Kemiskinan dapat menyebabkan masyarakat salah arah dalam menjalani hidup mereka karena adanya ketidakadilan, sehingga harus terciptanya masyarakat yang adil dan bebas dari segala bentuk penindasan. Upaya mengentaskan kemiskinan masyarakat yang dikemukakan oleh Asghar adalah adanya kelapangan hati seseorang melakukan perbuatan amal. Upaya ini mempunyai hubungan antara rakyat miskin dan pemerintahan sehingga adanya kebebasan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Rasyidah Rasyidah
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:44
Last Modified: 18 Mar 2021 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16523

Actions (login required)

View Item
View Item