Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di MIN 5 Kota Banda Aceh

Iftitah Ainaya, 160209082 (2020) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di MIN 5 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Tentang Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter)
Iftitah Ainaya, 160209082, FTK, PGMI, 082285979008.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, guru memiliki peran penting dalam menerapkan nilai karakter siswa. Guru kelas IV di MIN 5 Kota Banda Aceh sudah menerapkan nilai karakter pada perencanaan maupun pada pelaksaan. Akan tetapi, penulis melihat bahwa masih ada beberapa siswa yang kurang memiliki ketertiban nilai akhlak di kalangan siswa tersebut dikarenakan penerapan nilai karakter yang belum menyeluruh. Selain itu, penulis hanya ingin menggambarkan bagaimana cara dan apa saja kendala-kendala dalam menerapkan nilai karakter pada pembelajaran tematik di MIN 5 kota Banda Aceh. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi penguatan pendidikan karakter pada perencanaan pembelajaran tematik di MIN 5 Kota Banda Aceh? (2) Bagaimanakah implementasi penguatan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran tematik di MIN 5 Kota Banda Aceh? (3) Apa saja kendala-kendala implementasi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di MIN 5 Kota Banda Aceh?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, serta empat orang guru kelas IV di MIN 5 Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi RPP, observasi kelas, dan wawancara. Dokumentasi dilakukan dengan cara menganalisis RPP guru kelas IV untuk mengetahui bagaimana penyusunan RPP yang dibuat oleh pihak sekolah, apakah didalam RPP tersebut sudah memunculkan kelima nilai karakter yang penulis teliti. Kemudian observasi kelas, dilakukan untuk melihat proses pembelajaran yang dilakukan pada guru kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh. Sedangkan wawancara dilaksanakan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dialami oleh guru dan pihak sekolah untuk membentuk karakter siswa kelas IV di MIN 5 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing I : Wati Oviana, S.Pd.I., M.Pd pembimbing II : Emalfida, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Pembelajaran Tematik
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Iftitah Ainaya Tita
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:36
Last Modified: 19 Mar 2021 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16524

Actions (login required)

View Item View Item
TOP