Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesional Guru di SMA Negeri 2 Simeulue Tengah

Yuli Triwia Hidayani, 160206075 (2021) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesional Guru di SMA Negeri 2 Simeulue Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesional Guru di SMA Negeri 2 Simeulue Tengah]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesional Guru di SMA Negeri 2 Simeulue Tengah)
Yuli Triwia Hidayani, 160206075, FTK, MPI, 085276704229.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan merupakan faktor kunci dalam usaha peningkatan profesional guru dalam berbagai hal, profesional perlu ditingkatkan karna melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk menjawab tantangan pengetahuan dan tehnologi guru perlu ditingkatkan profesionalnya agar mampu melaksanakan tugas dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk memberikan kontribusi kepada kepala sekolah dalam peningkatan profesional guru, namun permasalahan yang dihadapi oleh kepemimpinan kepala sekolah yaitu masih lemahnya tingkat kesadaran guru dalam peningkatan profesionalnya secara manajemen perlu ada perbaikan-perbaikan baik program kegiatan pembelajaran, media pembelajaran dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sabjek dalam penelitian ini kepala sekolah, wakil kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan professional guru yaitu dengan menerapkan peraturan yang menyangkut kedisiplinan serta dengan memberikan peluang kepada guru-guru untuk mengikuti diklat dan pelatihan-platihan yang menyangkut dengan pembelajaran dan juga memberikan arahan atau solusi-solusi terhadap keefektifan dalam proses belajar mengajar baik secara personal maupun kelompok sehingga di harapkan dapat meningkatan profesional guru. Di harapkan penelitian ini dapat dilanjutkan oleh pihak yang berkepentingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yuli Triwia Hidayani Yuli
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:16
Last Modified: 22 Mar 2021 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16528

Actions (login required)

View Item
View Item