Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Peningkatan Mutu Peserta Didik Di SD Negeri Alurmas Kluet Utara Aceh Selatan

Hafidaton, 160206094 (2021) Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Peningkatan Mutu Peserta Didik Di SD Negeri Alurmas Kluet Utara Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Peningkatan Mutu Peserta Didik Di SD Negeri Alurmas Kluet Utara Aceh Selatan)
Hafidaton, 160206094, FTK, MPI, 082261241500_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor yang vital dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, karena itu apabila sarana dan prasarana kurang mendukung, maka penyelenggaraan atau pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah tidak dapat berjalan dengan baik. Mutu pendidikan dapat dilihat dalam dua hal, yakni mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Faktor-faktor dalam proses pendidikan adalah berbagai input, seperti bahan ajar, metodologi dan sarana sekolah. Sedangkan mutu pendidikan dalam konteks hasil pendidikan mengacu pada prestasi yang dicapai oleh setiap kurun waktu tertentu. Prestasi yang dicapai atau hasil pendidikan (student achievement) dapat berupa hasil tes kemampuan akademis (misalnya ulangan umum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu peserta didik, mengetahui pelaksanaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu peserta didik dan untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan sarana dan prasarana dalam peningkatana mutu peserta didik. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 dua orang dan siswa kelas 5 2 orang dan 2 orang guru mata pelajaran Matematika dan bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa perencanaan sarana dan prasarana yang diterapkan sekolah adalah dengan cara memusyawarahkan terlebih dahulu dengan guru-guru yang ada disekolah agar sarana dan prasarana itu berguna dan bermanfaat untuk sekolah, pelaksanaan sarana dan prasarana yang dilakukan disekolah dengan cara menyiapkan buku induk barang inventarisasi, menyiapkan buku golongan barang inventarisasi dan lain sebagainya, kurang-nya dana, sarana dan prasarana yang belum memadai menyebabkan pembelajaran dikelas kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hafidaton Hafidaton
Date Deposited: 19 Mar 2021 02:45
Last Modified: 19 Mar 2021 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16530

Actions (login required)

View Item View Item
TOP