Deskripsi Peran Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Fathmatul Badriyah, 160205045 (2021) Deskripsi Peran Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Deskripsi  Peran  Model  Pembelajaran  Guided   Discovery Learning (GDL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP]
Preview
Text (Deskripsi Peran Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP)
Fathmatul Badriyah, 160205045, FTK, PMA, 082274016043.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemahaman dalam kegiatan pembelajaran matematika tidak akan pernah berhenti untuk dibicarakan. Mengingat pentingnya pemahaman konsep bagi siswa dalam mempelajari matematika, maka guru harus menentukan model pembelajaran yang tepat sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika. Oleh karenanya perlu pembelajaran yang membudayakan siswa aktif sehingga melalui pengalamannya siswa akan dapat mengerti tentang konsep yang dipelajari dan dapat bertahan lama dalam ingatan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru dan 6 siswa kelas IX SMPN 16 Banda Aceh. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu pedoman wawancara dan lembar soal tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan tes tulis. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran matematika dengan menggunakan model Guided Discovery Learning memberikan peran yang baik terhadap kemampuan pemahamaan konsep siswa pada materi lingkaran, berdasarkan hasil wawancara siswa juga terhadap proses pembelajaran yang diterapkan dengan model guided discovery learning pada materi lingkaran sangat positif, hal ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu pada kategori sangat tinggi terdapat 1 orang, pada kategori tinggi terdapat 2 orang, kategori sedang 2 orang, dan pada kategori sangat rendah terdapat 1 orang. Sehingga rata-rata yang diperoleh dari ke enam siswa tersebut adalah 82% dan tergolong pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Discovery Learning baik diterapkan pada materi lingkaran atau materi tertentu lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2. Darwani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fathmatul Badriyah
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:39
Last Modified: 19 Mar 2021 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16539

Actions (login required)

View Item
View Item