Pengaruh Konsep Amar Ma‟ruf Nahi Munkar IbnuTaimiyah Dalam Perubahan Sosial Keagamaan (Studi Kasus Kota Banda Aceh)

Difa Miranda Siregar, 160105017 (2021) Pengaruh Konsep Amar Ma‟ruf Nahi Munkar IbnuTaimiyah Dalam Perubahan Sosial Keagamaan (Studi Kasus Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengaruh Konsep Amar Ma‟ruf Nahi Munkar Ibnu Taimiyah Dalam Perubahan Sosial Keagamaan  (Studi Kasus Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (Pengaruh Konsep Amar Ma‟ruf Nahi Munkar Ibnu Taimiyah Dalam Perubahan Sosial Keagamaan (Studi Kasus Kota Banda Aceh))
Difa Miranda Siregar, 160105017, FSH, HTN, 082361501556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ibnu Taimiyah merupakan seorang tokoh politik muslim dari kalangan salafi yang berpegang teguh kepada al-Qur‟an dan Sunnah dalam menerapkan amar ma‟ruf nahi munkar, sama hal-nya dengan pemerintah kota Banda Aceh yang menerapkan konsep amar ma‟ruf nahi munkar dengan membuat suatu kebijakan yang telah diatur didalam Qanun No 11 tahun 2002
Tentang Pelaksanaan Syariat Islam Bidang Aqidah, Ibadah, dan Syiar Islam yang bertujuan kemaslahatan umat. Seharusnya pemerintah kota Banda Aceh, menerapkan konsep amar ma‟ruf nahi munkar menurut pemikiran Ibnu Taimiyah, namun pada kenyataannya konsep amar ma‟ruf nahi munkar Ibnu Taimiyah tidak berpengaruh pada penerapan syariat Islam di kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa konsep amar ma‟ruf nahi munkar yang diterapkan oleh Ibnu Taimiyah sangatlah berbeda dengan apa yang diterapkan oleh pemerintahan kota Banda Aceh, dalam hal pelaksanaan sanksi pemerintah kota Banda Aceh tidak setegas Ibnu Taimiyah sehingga masih banyak masyarakat yang melanggar syariat Islam di kota Banda Aceh. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh konsep amar ma‟ruf nahi munkar Ibnu Taimyah dalam perubahan sosial keagamaan tidak berpengaruh di kota Banda Aceh dikarenakan masih banyak masyarakat yang melanggar pelaksanaan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Difa Miranda Siregar
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:22
Last Modified: 19 Mar 2021 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16540

Actions (login required)

View Item
View Item