Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MIN 22 Aceh Besar.

Tari Putri Shalimah, 150209022 (2020) Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MIN 22 Aceh Besar. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 22 Aceh Besar.]
Preview
Text (Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 22 Aceh Besar.)
Tari Putri Shalimah, 150209022, FTK, PGMI, 082243966094.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana yang berisi rangkaian kegiatan pembelajaran dalam proses pembelajaran gunanya untuk mengelola siswa, mengelola guru, mengelola kegiatan pembelajaran dan mengelola lingkungan belajar. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan pendidikan dalam pembelajaran, guru diharapkan memiliki beberapa strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 22 Aceh Besar, apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 22 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dinalisis melalui deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 22 Aceh Besar sudah baik dan mulai meningkat. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan guru dan dilihat dari nilai hasil nilai siswa yang sudah memenuhi KKM. Kemudian dalam meningkatkan hasil belajar siswa terdapat beberapa hambatan seperti perbedaan karakter anak, pengaruh gadget. Namun kendala yang dialami oleh guru dapat diminimalisir dengan adanya faktor pendukung seperti dukungan dari orangtua siswaa, lingkungan siswa, serta sarana dan prasarana yang memadai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah guru menggunakan strategi ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, kendala yang dirasakan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat ditutupi dengan adanya faktor pendukung yang membantu guru dalam menerapkan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Irwandi, S. Pd.I, M.A 2. Fakhrul Rijal, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Strategi, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tari Putri Shalimah
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:18
Last Modified: 19 Mar 2021 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16550

Actions (login required)

View Item
View Item