Mekanisme Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Dalam Peningkatan Layanan Kunjungan Peserta Didik Di MTsN 6 Aceh Barat

Darmiyanti, 160206014 (2021) Mekanisme Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Dalam Peningkatan Layanan Kunjungan Peserta Didik Di MTsN 6 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Mekanisme  Pengelolaan  Koleksi  Perpustakaan Dalam Peningkatan Layanan Kunjungan Peserta Didik Di MTsN 6 Aceh Barat]
Preview
Text (Mekanisme Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Dalam Peningkatan Layanan Kunjungan Peserta Didik Di MTsN 6 Aceh Barat)
Darmiyanti, 160206014, FTK, MPI, 082246348627..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan yang lengkap dan dikelola dengan baik memungkinkan peserta didik untuk lebih mengembangkan dan mendalami pengetahuan yang diperolehnya dikelas melalui belajar mandiri baik pada waktu-waktu kosong disekolah maupun dirumah. Peran pustakawan yang melayani pemustaka yang datang keperpustakaan serta pengelolaan koleksi bahan pustaka dapat mempengaruhi minat kunjung peserta didik keperpustakaan. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bentuk pengelolaan koleksi perpustakaan di MTsN 6
Aceh Barat, untuk mengetahui pelayanan perpustakaan dalam peningkatan layanan kunjungan peserta didik diperpustakaan MTsN 6 Aceh Barat, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengelolaan koleksi perpustakaan di MTsN 6 Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, staf perpustakaan, dan dua peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pengelolaan perpustakaan ini sudah terkelola dengan baik walaupun dalam pengadaan bahan koleksi/buku belum mencukupi tetapi bentuk pengelolaan akan tetap dijalankan. Pelayanan perpustakaan sudah dilakukan dengan baik yaitu dengan layanan langsung dan layanan tidak langsung. Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengelolaan perpustakaan dalam peningkatan layanan kunjungan peserta didik di MTsN 6 Aceh Barat adalah belum tercukupinya sarana dan prasarana perpustakaan di karenakan pihak sekolah masih kekurangan dana untuk melengkapi koleksi-koleksi perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Darmiyanti Yanti
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:33
Last Modified: 22 Mar 2021 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16555

Actions (login required)

View Item
View Item