Penerapan Model Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di MIN 26 Aceh Selatan

Khalidah, 160209116 (2021) Penerapan Model Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di MIN 26 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di MIN 26 Aceh Selatan)
Khalidah, 160209116, FTK, PGMI, 085215181947_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan, bahwa proses pembelajaran dikelas III MIN 26 Aceh Selatan terlihat berlangsung satu arah. Proses pembelajaran terkesan kurang aktif dan guru masih kurang dalam menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Hal ini menyebabkan siswa kurang dalam memahami materi sehingga berdampak pada hasil belajar. Untuk mengatasi hal tersebut hal yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang melibatkan peserta siswa agar lebih aktif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Word Square. Rumusan masalah dari penelitian ini: Bagaimana aktivitas guru dalam menerapkan model Word Square dikelas III MIN 26 aceh selatan? Bagaimana aktivitas siswa dalam proses penerapan model Word Square di kelas III MIN 26 aceh selatan? Bagaimana penerapan model Word Square terhadap hasil belajar siswa kelas III di MIN 26 aceh selatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model Word Square dikelas III MIN 26 aceh selatan, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses penerapan model Word Square di kelas III MIN 26 aceh selatan dan untuk mengetahui penerapan model Word Square terhadap hasil belajar siswa kelas III MIN 26 aceh selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIN 26 Aceh Selatan. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes. Sedangkan teknik analisis data, penulis menggunakan persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I 73,61% dan mengalami peningkatan pada siklus II dan III 80,55% dan 94,44%. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase yakni 68,05% dan mengalami peningkatan pada siklus II dan III menjadi 77,77% dan 88,88% (3) hasil belajar siswa pada siklus I 35% dan meningkat pada siklus II dan III menjadi 70% dan 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Word Square dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas III di MIN 26 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khalidah Khalidah
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:43
Last Modified: 23 Mar 2021 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16560

Actions (login required)

View Item View Item
TOP