Substansi Karakter Religius dalam Mematangkan Karakter Siswa

Juhra, 2018048202 (2021) Substansi Karakter Religius dalam Mematangkan Karakter Siswa. Al Mumtaz.

[thumbnail of Substansi Karakter Religius dalam Mematangkan Karakter Siswa]
Preview
Text (Substansi Karakter Religius dalam Mematangkan Karakter Siswa)
Artikel Juhra (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Nilai karakter yang terkait sangat erat dengan Tuhan Yang Maha Kuasa adalah nilai religius. Religius berasal dari kata religious yang berarti sifat religi yang melekat pada diri seseorang.nilai religius merupakan suatu bentuk hubungan manusia dengan penciptanya melalui ajaran agama yang sudah terinternalisasi dalam diri seseorang dan tercermin dalam sikap dan perilakunya sehari-hari. Religius sebagai salah satu nilai dalam pendidikan karakter dideskripsikan oleh Kemendiknas sebagai sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Religius adalah ketaatan dan kepatuhan dalam memahami dan melaksanakan ajaran agama yang dianut, termasuk dalam hal ini adalah sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama (aliran kepercayaan) lain serta hidup rukun berdampingan. Karakter memberikan gambaran tentang suatu bangsa, sebagai penanda, penciri sekaligus pembeda suatu bangsa dengan bangsa lainnya.Karakter memberikan arahan tentang bagaimana bangsa itu menapaki dan melewati suatu jaman dan mengantarkannya pada suatu derajat tertentu.

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Al Juhra Juhra
Date Deposited: 22 Mar 2021 08:12
Last Modified: 22 Mar 2021 08:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

View Item
View Item