Satu Atap Tiga Pedoman: Kajian Relasi Antar Umat Beragama Dalam Marga Bako Di Dairi, Sumatera Utara

Ridhona Putri, 150305041 (2020) Satu Atap Tiga Pedoman: Kajian Relasi Antar Umat Beragama Dalam Marga Bako Di Dairi, Sumatera Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Satu Atap Tiga Pedoman: Kajian Relasi Antar Umat Beragama Dalam Marga Bako Di Dairi, Sumatera Utara]
Preview
Text (Tentang Satu Atap Tiga Pedoman: Kajian Relasi Antar Umat Beragama Dalam Marga Bako Di Dairi, Sumatera Utara)
Ridhona Putri, 150305041, FUF, SA, 082363739465.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Keluarga Bako merupakan sebuah keluarga yang memiliki perbedaan keyakinan di Dairi, Sumatra Utara, mereka hidup berdampingan bahkan dalam satu atap. Perbedaan keyakinan yang dimaksud adalah dalam sebuah keluarga ini terdapat beberapa pemeluk agama yang berbeda yaitu: Islam, Kristen Protestan dan Kristen Katolik. Terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhi situasi dan kondisi yang membentuk keluarga ini berbeda-beda dalam menganut keyakinan. Akan tetapi yang sangat menarik disini ialah bagaimana bisa di dalam sebuah keluarga ini tercipta relasi yang sangat harmonis dengan sudut pandang dan aliran kepercayaan yang berbeda-beda serta hidup rukun secara bersama-sama tanpa mengusik satu sama lain. Tujuan penelitian dalam skripsi ini ialah untuk mengetahui Kajian Relasi Antar Umat Beragama Dalam Marga Bako Di Dairi, Sumatera Utara. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan ialah: Model relasi sosial yang terjalin antara keluarga yang beragama kristen dengan anggota keluarga yang beragama Islam disebabkan oleh faktor kekerabatan. Keluarga Marga Bako menjaga kerukunan dengan cara menghargai antar sesama meskipun mengetahui bahwa agama yang dianut berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Toleransi yang dimiliki oleh Marga Bako sangat tinggi, meskipun di dalam sebuah keluarga terdapat keyakinan dan cara ibadah yang sangat berbeda-beda namun ukhuwah persaudaraan mereka tetap terjalin kuat dan sangat harmonis. Dan faktor pendukung relasi keluarga Marga Bako terjalin dengan yaitu toleransi beragama yang dimiliki oleh keluarga Marga Bako ialah sikap menghormati, menghargai terhadap kepercayaan atau agama yang berbeda dan tidak mencampuri urusan masing-masing dalam rangka membangun kehidupan bersama serta hubungan sosial yang lebih baik, dan sikap toleransi budaya yang ada di dalam keluarga Marga Bako ini ditunjukkan dengan sikap dan semangat dalam mempertahankan keberagaman budaya yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Ridhona Putri Dona
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:13
Last Modified: 22 Mar 2021 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16575

Actions (login required)

View Item
View Item