Upaya Guru dalam Pembinaaan Sikap Disiplin pada Peserta Didik MIN 6 Aceh Besar

Mirnawati, 160209045 (2021) Upaya Guru dalam Pembinaaan Sikap Disiplin pada Peserta Didik MIN 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Upaya Guru Dalam Pembinaaan Sikap Disiplin Pada Peserta Didik  MIN 6 Aceh Besar]
Preview
Text (tentang Upaya Guru Dalam Pembinaaan Sikap Disiplin Pada Peserta Didik MIN 6 Aceh Besar)
Mirnawati, 160209045, FTK, PGMI, 085359679448.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu peraturan yang meharuskan orang untuk tunduk kepada peraturan yang berlaku. Dengan adanya disiplin segala kewajiban dilaksanakan dengan tertib dan teratur. Berdasarkan hasil observasi perilaku disiplin peserta didik MIN 6 Aceh Besar, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, masih ada peserta didik yang datang terlambat sekolah, memakai seragam sekolah dengan tidak rapi, dan membuang sampah sembarangan. Rumusan masalah dalam peneliti ini adalah bagaimana program pembinaan dan implementasi disiplin yang diterapkan sekolah, serta kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan sikap disiplin pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penggumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini sebanyak 12 orang, yang terdiri atas seorang kepala sekolah, 5 guru kelas, dan 6 peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa program-program pembinaan kedisiplinan disekolah MIN 6 Aceh Besar adalah Pembinaan dengan keteladanan, pembiasaan, nasehat dan hukuman berjalan dengan baik. Program pembinaan sikap disiplin pada peserta didik sudah terlaksankan dengan baik yaitu dengan pembinaan keteladanan, Pembinaan dengan pembiasaan, Pembinaan dengan nasehat yang baik, pembinaan dengan hukuman.Upaya guru Mengimplementasikan pembinaan sikap disiplin peserta didik sudah cukup berhasil, meski pelanggaran itu di ulang lagi oleh peserta didik upaya-upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan perencanaan, mensosialisasikan, pembiasaan, pengawasan, motivasi dan hukuman. Sedangkan Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan sikap disiplin pada peserta didik yaitu tidak mengalami kendala-kendala, walaupun dalam kenyataannya, masih ditemukan beberapa orang peserta didik yang belum sepenuhnya memiliki sikap displin sebagaimana yang telah diprogramkan dan diupayakan oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mirnawati Mirnawati
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:56
Last Modified: 23 Mar 2021 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16589

Actions (login required)

View Item
View Item