Pengaruh Suhu Dan Kelembaban Dalam Ruangan Perpustakaan Terhadap Kondisi Buku Di Ruang Referensi UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry

Siti Aisah, 150503016 (2021) Pengaruh Suhu Dan Kelembaban Dalam Ruangan Perpustakaan Terhadap Kondisi Buku Di Ruang Referensi UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pengaruh Suhu Dan Kelembaban Dalam Ruangan Perpustakaan]
Preview
Text (Tentang Pengaruh Suhu Dan Kelembaban Dalam Ruangan Perpustakaan)
Siti Aisah, 150503016, FAH, IP, 082364517406.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Suhu dan Kelembaban dalam Ruangan Perpustakaan Terhadap Kondisi Buku di Ruang Referensi UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh suhu dan kelembaban dalam ruangan perpustakaan terhadap kondisi buku di ruang referensi UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Metode penelitian ini menggunakan pemeriksaan Laboratorium secara kualitatif. Pengumpulan data dengan uji laboratorium, observasi, dokumentasi dan pengukuran suhu dan kelembaban. Sampel yang digunakan sebanyak 25 buah buku di ruang referensi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa suhu dan kelembaban dalam ruangan perpustakaan berpengaruh terhadap kondisi buku di ruang referensi UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Hal ini ditandai dari 25 koleksi buku yang dijadikan percobaan, terdapat 6 buku yang pengaruhnya pada warna kertas yang berubah menjadi coklat akibat proses oksidasi yang terjadi pada zat penyusun kertas, 6 buku mengalami perubahan pada sisi samping yang bergelombang, 5 buku mengalami perubahan warna kertas menjadi coklat, berjamur dan cover buku mengalami pengrusakan. Terdapat 5 buku mengalami perubahan pada sisi samping yang bergelombang dan berjamur, sedangkan sisanya 3 buku terjadi perubahan warna kertas menjadi coklat, zat penyusun kertas, berjamur dan cover buku mengalami pengrusakan yang hebat sisi samping buku bergelombang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Siti Aisah Siti
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:08
Last Modified: 25 Mar 2021 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16592

Actions (login required)

View Item
View Item