Program Pembangunan Kampung dalam Pengentasan Kemiskinan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kampung Terangun Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues)

Baihaqqi, 160602173 (2021) Program Pembangunan Kampung dalam Pengentasan Kemiskinan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kampung Terangun Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Program Pembangunan Kampung dalam Pengentasan Kemiskinan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kampung Terangun Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues)]
Preview
Text (Tentang Program Pembangunan Kampung dalam Pengentasan Kemiskinan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kampung Terangun Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues))
Baihaqqi, 160602173, FEBI, ES, 085373079049.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembangunan kampun merupakan bagian penting dalam pembangunan nasional. Namun, persoalan kemiskinan dan pengangguran masih menjadi faktor yang menghalangi proses pembangunan kampung. Di Kampung Terangun perekonomiannya masih taraf rendah dalam penghasilan penduduknya rata-rata pekerjaan masyarakat adalah bertani, berternak, dan ada juga yang menjadi buruh di daerah berkembang. Melihat kondisi tersebut pemerintah Kampung Terangun melakukan upaya untuk mengentaskan kemiskinan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan standar hidup yang tidak hanya berupa peningkatan pendapatan, tetapi juga meliputi penambahan penyediaan lapangan kerja, perbaikan kwalitas pendidikan, serta peningkatan perhatian atas nilai-nilai kultural dan kemanusiaan. Program Pembangunan Desa memahami bagaimana cara melaksanakan dan memberdayakan masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan, dengan mengadakan pelatihan-pelatihan kreativitas yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Baihaqqi Baihaqqi
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:45
Last Modified: 24 Mar 2021 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16597

Actions (login required)

View Item
View Item