Kompetensi Guru PAI dalam Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI di SMPN 4 Seulimeum

Rizka Nelia, 160201119 (2021) Kompetensi Guru PAI dalam Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI di SMPN 4 Seulimeum. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kompetensi Guru PAI dalam Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI di SMPN 4 Seulimeum]
Preview
Text (Kompetensi Guru PAI dalam Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI di SMPN 4 Seulimeum)
Rizka Nelia, 160201119 , FTK, PAI, 082286570474.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dalam bidang pengajaran PAI menunjukkan bahwa salah satu sumber kesulitan utama dalam pembelajaran PAI adalah kekurangannya penggunaan model pembelajaran terhadap materi yang diajarkan kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dan hasil belajar peserta didik rendah. Model pembelajaran Numbered Heads Together adalah salah satu model yang digunakan dalam pembelajaran, khususnya materi PAI dengan menggunakan model ini peserta didik menjadi mudah dalam pembelajaran dan menjadi lebih aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas peserta didik, professional guru, dan keaktifan peserta didik dengan menggunakan model pembelajarn Numbered Heads Together pada pembelajaran PAI di SMPN 4 Seulimeum. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas VIII-A yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi aktivitas peserta didik dan profesioanal guru serta tes keaktifan belajar. Hasil analisis diperoleh aktivitas peserta didik selama pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Heads Together tergolong baik pada siklus I dan sangat baik pada siklus II dengan nilai rata-rata siklus I 73,5% dan siklus II 87,5% yang menandakan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil analisis aktivitas professional guru selama pembelajaran tergolong cukup pada siklus I dan baik pada siklus II dengan nilai rata-rata siklus I 58% dan siklus II 73%. Hasil keaktifan peserta didik juga menunjukkan peningkatan dari 81,81% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Dan dari hasil responden peserta didik juga meningkatkan keaktifan dan rasa ingin tahu dan sosial yang kuat, dan hasil respon peserta didik 77,26% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Nelia Rizka
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:04
Last Modified: 25 Mar 2021 02:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16606

Actions (login required)

View Item
View Item