Penggunaan film kartun untuk meningkatkan kemampuan siswa pada maharah istima’ (Penelitian exsperimen di Dayah Ulumuddin Lhokseumawe)

Aris Munandar, 140202079 (2021) Penggunaan film kartun untuk meningkatkan kemampuan siswa pada maharah istima’ (Penelitian exsperimen di Dayah Ulumuddin Lhokseumawe). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Penggunaan film kartun untuk meningkatkan kemampuan siswa pada maharah istima’ (Penelitian exsperimen di Dayah Ulumuddin Lhokseumawe))
Aris Munandar, 140202079, FTK, PBA, 085352566591.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Setelah peneliti melakukan observasi secara langsung ditemukan bahwa santri di dayah tersebut tidak mampu menguasai istima’ dengan baik, seperti tidak mampu menuliskan kalimat yang mereka dengar dengan benar, ditambah lagi santri mudah bosan ketika pembelajaran istima’. Kedua masalah ini muncul karena guru hanya menggunakan suara mereka sebagai media pembelajaran istima’ tanpa menggunakan media lain, oleh karena itu peneliti ingin melakukan pembelajaran istima’ menggunakan media film kartun Salahuddin Al-Ayyubi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran istima’ menggunakan media film kartun. Adapun metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen (pre- Experimental Design). Instrumen penelitian adalah Soal Pretest dan Posttest. Adapun hasil penelitian menggunakan media film kartun sangat efektif dalam
meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran istima’ dengan hasil T-test lebih besar dari pada T-table 11 <2،09302 yang menunjukan Hipotesa nol (Ho) ditolak dan Hipotesa Alternatif (Ha) diterima, artinya penerapan pembelajaran istima’ menggunakan media film kartun Salahuddin Al-Ayyubi diterima. Adapun respon siswa dalam pembelajaran istima’ menggunakan media film kartun sangat baik, hal ini ditandai dengan nilai angket sangat setuju dan setuju lebih besar dari nilai angket kurang setuju dan tidak setuju %90،5 > %9،5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Munandar Aris
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:06
Last Modified: 25 Mar 2021 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16607

Actions (login required)

View Item View Item
TOP