Peran Badan Usaha Milik Desa terhadap Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Badan Usaha Milik Desa Puteri Simeulue di Desa Borengan Kecamatan Simeulue Cut Kabupaten Simeulue)

Beni Riki Suranda, 150602145 (2020) Peran Badan Usaha Milik Desa terhadap Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Badan Usaha Milik Desa Puteri Simeulue di Desa Borengan Kecamatan Simeulue Cut Kabupaten Simeulue). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Peran Badan Usaha Milik Desa terhadap Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam]
Preview
Text (Tentang Peran Badan Usaha Milik Desa terhadap Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam)
Beni Riki Suranda, 150602145, FEBI, ES, 082274602874.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa merupakan bagian terkecil dari struktur pemerintahan dan merupakan pusat dari kegiatan perekonomian bangsa. Maka pembangunan dimulai dari tahap bawah yaitu desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengelolaan BUMDes di Desa Borengan menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan filed research meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa BUMDes Puteri Simeulue di Desa Borengan sudah cukup berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat hanya saja belum dapat dikataan maksimal, yakni masih adanya ketimpangan kesejahteraan antar masyarakat di Desa Borengan. Hal itu dikarenakan masih banyaknya kendala yaitu seperti kurangnya modal, pengetahuan masyarakat dan kurang maksimalnya kinerja serta manajemen BUMDes Puteri Simeulue itu sendiri. Sedangkan dalam pandangan Islam, masyarakat Desa Borengan dapat dikatakan sejahtera karena telah memenuhi kebutuhan al-dharuriyyah (primer), al-hajiyyah (sekunder) dan al-tahsinniyyah (pelengkap).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Beni Riki Suranda Suranda
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:41
Last Modified: 25 Mar 2021 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16610

Actions (login required)

View Item
View Item