Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP

Mega Sukma Putri, 160205002 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP]
Preview
Text (tentang Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP)
Mega Sukma Putri, 160205002, FTK, PMA, 082277470876.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah masih kurang dimiliki oleh siswa. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan masih kurang dapat mengoptimalkan untuk berkembangya proses pemecahan masalah matematika siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat menyelesaikan permasalahan matematika siswa, salah satunya model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model Learning Cycle 7E dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diterapkan dengan model Learning Cycle 7E dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Sabang. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VIII¬-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 24 siswa dan 23 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (1) Dengan menggunakan uji- t berpasangan (paired) diperoleh thitung = 32,64 dan ttabel = 1,71. Maka thitung > ttabel, hal ini berarti tolak H_0 sehingga terima H_1. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 6 Sabang. Adapun peningkatan rata-rata tingkat N-gain yaitu 0,33 dalam kategori sedang. (2) Berdasarkan uji-t sample independen, kriteria pengujiannya adalah tolak H_0 jika t_hitung > t_tabel, karena di dapat thitung = 4,65 dan ttabel = 1,68, karena 4,65 >"1,68" maka maka H_1diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 6 Sabang yang diterapkan dengan model Learning Cycle 7E terdapat perbedaan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mega Sukma Putri Mega
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:36
Last Modified: 25 Mar 2021 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16614

Actions (login required)

View Item
View Item