Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Mind Mapping terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Nanda Risma, 160205006 (2021) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Mind Mapping terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Pengaruh  Model Cooperative Learning Tipe Mind    Mapping]
Preview
Text (tentang Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Mind Mapping)
Nanda Risma, 160205006, FTK, PMA, 085321602297.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat perlu dalam proses pembelajaran matematika. Karena melalui kemampuan komunikasi matematis, siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematikanya secara tulisan dan mengkomunikasikan pemahamannya kepada orang lain. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu Model Cooperative Learning Tipe Mind Mapping. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model Cooperative Learning tipe Mind Mapping dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Meureudu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil penelitian diperoleh t_hitung= 10.96 dan t_tabel = 1,69, maka t_(hitung >) t_tabel yaitu 10.96 > 1,69 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model cooperative learning tipe mind mapping lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nanda Risma Nanda
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:42
Last Modified: 25 Mar 2021 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16615

Actions (login required)

View Item
View Item