Respon Masyarakat Gampong Alue Mangota Aceh Barat Daya (ABDYA) terhadap Pekerjaan Alumni Dayah Tradisional

Cici Andriani, 160305012 (2020) Respon Masyarakat Gampong Alue Mangota Aceh Barat Daya (ABDYA) terhadap Pekerjaan Alumni Dayah Tradisional. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Respon Masyarakat Gampong Alue Mangota Aceh Barat Daya (ABDYA) terhadap Pekerjaan Alumni Dayah Tradisional]
Preview
Text (Tentang Respon Masyarakat Gampong Alue Mangota Aceh Barat Daya (ABDYA) terhadap Pekerjaan Alumni Dayah Tradisional)
Cici Andriani, 160305012, FUF, SA, 085277400564.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dayah adalah lembaga pendidikan Islam tertua di provinsi Aceh. Lembaga pendidikan dayah tradisional terus populer mengikuti perkembangan zaman dikalangan masyarakat Aceh. Lembaga pendidikan dayah terus memproduksi dan melahirkan generasi alumni-alumni yang berkontribusi untuk pengembangan masyarakat dan negara. Dengan ragam pekerjaan yang digeluti oleh para alumni dayah, penelitian ini bertujuan untuk menelusuri pekerjaan mereka dan pandangan dan harapan masyarakat terhadap pekerjaan yang layak dan tidak layak bagi alumni dayah. Dalam penelitian ini mengambil sampel kajian di Gampong Alue Mangota yang memiliki beberapa alumni dayah. Dengan berfokus pada pandangan masyarakat, penelitian ini merujuk pada teori persepsi sosial yang meyatakan bahwa suatu tanggapan atau pendapat dari individu/kelompok terhadap suatu kejadian sehingga memunculkan gambaran atau pandangan terhadap hal yang dipersepsi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif. Hasil wawancara menjadi data utama dalam penelitian ini, wawancara dilakukan dengan bertatap muka dan tanya jawab beberapa pertanyaan dan berlansung secara lisan. Adapun narasumber yang penulis wawacarai berjumlah 11 orang yang terdiri dari perangkat desa, anggota masyarakat dan alumni dayah. Renta usia para narasumber tersebut adalah 31-67 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alumni dayah tradisional memiliki pekerjaan dalam bidang keagamaan, petani dan pedagang. Dengan pekerjaan tersebut, masyarakat berpandangan bahwa kehidupan material mereka masih kurang mencukupi. Namun sebagian lainnya berpandangan bahwa kehidupan mereka sudah cukup mapan bila di dibandingkan dengan keadaan masyarakat sekitarnya. Masyarakat mempunyai harapan besar akan pekerjaan para alumni dayah yang memberikan penghasilan yang lebih baik. Mereka menyarankan alumni dayah untuk lebih berkembang dan mampu mengisi pendidikan agama di luar Gampong mereka. Dengan demikian, pendapatan mereka juga dapat bertambah. Untuk itu, pendidikan tingkat lanjut ke perguruan tinggi adalah salah satu solusi untuk mengembangkan kapasitas dan juga membuka peluang kerja yang lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Cici Andriani Cici
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:49
Last Modified: 25 Mar 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16617

Actions (login required)

View Item
View Item