“Menggunakan Cooperative Script dengan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa (Studi Eksperimen di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar)”.

Muhammad Mabrur AZ, 150202015 (2021) “Menggunakan Cooperative Script dengan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa (Studi Eksperimen di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar)”. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (“Menggunakan Cooperative Script dengan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa (Studi Eksperimen di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar)”.)
Muhammad Mabrur Azhari, 150202015, FTK, PBA, 082274605211_2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Ketika Peneliti melakukan observasi menunjukkan bahwa pembelajaran qiraah pada kelas X Ag 3 di sekolah Ruhul Islam Anak Bangsa menggunakan metode membaca dan terjemah. Peneliti melihat sebagian siswa mampu membaca bahasa arab dengan baik namun tidak memahami teks bahasa arab. Penerapan metode sejenis ini terkesan monoton dan tidak memiliki daya tarik untuk siswa memahami teks bacaan. Penelitian ini berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan cooperative script dengan media gambar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam ketrampilan membaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan cooperative script dengan media gambar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam ketrampilan membaca dan mengetahui penggunaan cooperative script dengan media gambar efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam ketrampilan membaca. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah eksperimen dengan desain (pretest dan posttest satu kelas). Dan metode pengumpulan data
menggunakan observasi dan evaluasi. Kami memilih siswa pada kelas X Ag 3 untuk menjadi sampel pada penelitian ini, adapun jumlahnya 26 siswa. Dan Analisis Data menggunakan Deskriptif Kuantitatif yaitu Persentase dan T- Test. Sedangkan kegiatan guru dan siswa dalam proses pengajaran yang menggunakan pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan media gambar, hasil guru (86.1%) dan hasil siswa (87.5%). Adapun hasil T-Test pada penggunaan Cooperative Script dengan media gambar efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam ketrampilan membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Mabrur AZ Mabrur
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:10
Last Modified: 26 Mar 2021 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16619

Actions (login required)

View Item View Item
TOP