Kendala Orang Tua dalam Mengajarkan Al-Quran pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Cot Keuranji

Marya Ulfa, 150201001 (2021) Kendala Orang Tua dalam Mengajarkan Al-Quran pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Cot Keuranji. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kendala Orang Tua dalam Mengajarkan Al-Quran pada  Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Cot Keuranji]
Preview
Text (Kendala Orang Tua dalam Mengajarkan Al-Quran pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Cot Keuranji)
Marya Ulfa, 150201001, FTK, PAI, 082370994106.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebagai pendidik utama dalam keluarga orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pengajaran Al-Quran pada anak. Namun pada kenyataannya terdapat beberapa kendala yang dihadapi orang tua dalam memberikan pengajaran Al-Quran terhadap anaknya. Dalam hal ini peneliti bermaksud untuk mengungkapkan kendala orang tua dalam mengajarkan Al-Quran pada anak usia sekolah dasar di Desa Cot Keuranji. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Ada beberapa tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui partisipasi orang tua dalam mengajarkan Al-Quran pada anak, untuk mengetahui kendala yang dihadapai orang tua dalam mengajarkan Al-Quran pada anak, dan untuk mengetahui solusinya. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa orang tua sudah berpartisipasi dalam memberikan pembelajaran Al-Quran pada anak. Akan tetapi dalam partisipasi tersebut terdapat beberapa kendala yang menjadi penghambat orang tua antara lain kurangnya waktu orang tua dalam mengajarkan Al-Quran karena kesibukan bekerja, sebagian orang tua kurang pemahaman tentang metode dalam pembelajaran Al-Quran, anak-anak lebih senang bermain dibandingkan mempelajari Al-Quran, dan kurangnya pengetahuan orang tua tentang hukum-hukum bacaan Al-Quran. Adapun solusi yang diberikan orang tua untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah orang tua harus bersikap tegas dan sabar dalam mengajar Al-Quran, dan membatasi dan mengawasi penggunaan media elektronik pada saat anak sedang belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marya Ulfa Ulfa
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:52
Last Modified: 26 Mar 2021 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16621

Actions (login required)

View Item
View Item