Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir Dan Perencanaan Karir Siswa Dalam Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Kutacane.

Cucu Marhamah, 140213088 (2020) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir Dan Perencanaan Karir Siswa Dalam Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Kutacane. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir]
Preview
Text (Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir)
Cucu Marhamah, 140213088, FTK, BK, 081360522781.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Layanan Bimbingan karier merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling terhadap siswa dalam pengenalan bakat dan minat yang ada dalam diri siswa, mengenal dunia kerja, dan merencanakan masa depan sesuai yang diharapkannya, sserta dapat mengambil keputusan yang tepat dengan keadaan dirinya. Perencanaan karir adalah sebagai proses yang dilalui sebelum pemilihan karir atau pendidikan lanjutan. Oleh karena itu siswa harus lebih memantapkan pemahaman terhadap pilihan karirnya dan mengumpulkan informasi tentang karir. Masalah yang terjadi di lapangan dalam pelaksanaan bimbingan karier dan perencanaan karir belum sepenuhnya berjalan sebagaimana seharusnya, sebagaimana yang terdapat pada SMA Negeri 1 Kutacane dimana siswa bingung dalam memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program layanan bimbingan karier di SMA Negeri 1 Kutacane bagi siswa kelas XII untuk persiapan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, bentuk dalam pelaksanaan bimbingan karier dan kendala apa saja yang dihadapi oleh guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan bimbingan karier di SMA Negeri 1 Kutacane. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, 1 orang guru Bimbingan Konseling, dan 30 siswa-siswi SMA Negeri 1 Kutacane. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, program bimbingan karir dan perencanaan karir yang diberikan oleh guru Bimbingan Konseling ada tiga: (1) informasi jurusan/perguruan tinggi, (2) tes bakat dan minat, dan (3) program memilih karier sesuai dengan bakat dan minat. Kedua, bentuk pelaksanaan bimbingan karir dan perencanaan karir yang diberikan oleh guru Bimbingan Konseling ada tiga, (1) pelaksanaan diskusi kelompok dan konseling individual, (2) memberi layanan di ruang kelas siswa (pengajaran unit) dipadukan dengan layanan informasi, dan (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Kutacane. Ketiga, kendala-kendala dalam pelaksanaan bimbingan karier dan perencanaan karir, (1) kurangnya dukungan dari pihak sekolah terhadap bimbingan dan konseling, (2) tidak tersedianya jam khusus untuk bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Masbur, S. Ag, M. Ag 2. Kurniawan, M. Pd, Kon
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Perencanaan Karir, Perguruan Tinggi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Cucu Marhamah
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:27
Last Modified: 26 Mar 2021 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16624

Actions (login required)

View Item
View Item