Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh dan Masyarakat terhadap Pemanfaatan Escape Building di Kota Banda Aceh

Cut Eva Magfirah, 160401044 (2021) Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh dan Masyarakat terhadap Pemanfaatan Escape Building di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh dan Masyarakat terhadap Pemanfaatan Escape Building di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Tentang Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh dan Masyarakat terhadap Pemanfaatan Escape Building di Kota Banda Aceh)
Cut Eva Magfirah, 160401044, FDK, KPI, 085262888500.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh dan Masyarakat terhadap Pemanfaatan Escape Building di Kota Banda Aceh”. hal yang menjadi inti permasalahan dalam penelitian ini adalah Escape building dibangun untuk menjadi tempat evakuasi saat bencana, jadi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar escape building dapat menggunakan bangunan ini sebagai tempat evakuasi darurat, bangunan ini di bangun di desa- desa yang rawan terkena tsunami di Banda Aceh. Setelah dibangun nya escape building maka pemanfaatan escape building belum maksimal pada bencana gempa kuat yang menguncang Aceh pada 2012 lalu. Untuk menjaga escape building agar tidak terabaikan, masyarakat memanfaatkan nya sebagai gedung olahraga, kantor, dan wadah kegiatan-kegiatan di kampung setempat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi BPBA dan masyarakat dalam meningkatkan pemanfaatan bangunan Escape building sebagai mitigasi bencana. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan, serta wawancara secara langsung dan mendalam dengan pihak BPBA dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh BPBA dalam meningkatkan pemanfaatan escape building dalam bentuk simulasi langsung ke masyarakat dan terkait respon masyarakat berada pada tingkat afektif, jika dilihat dari sudut pandang kognitif, afektif dan psikomotorik. Dari sejumlah 25 informan mayoritas respon masyarakat masih ragu terhadap fungsi escape building sebagai mitigasi bencana di wilayah Banda Aceh. Sehingga diharapkan BPBA dapat meningkatkan event atau kegiatan yang dilakukan untuk kesiapsiagaan bencana gempa dan tsunami secara menyeluruh di seluruh Aceh dan meningkatkan pengawasan terhadap desa-desa yang memiliki Escape Building untuk terus meningkatkan penggunaan Escape Building.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Cut Eva Magfirah Cut
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:52
Last Modified: 26 Mar 2021 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16629

Actions (login required)

View Item
View Item