Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa

Shelawati, 160208073 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa)
Shelawati, 160208073, FTK, PKM, 082167778525_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi ikatan kimia di SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa dilatarbelakangi oleh belum adanya media pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas yang memadai, seperti setiap kelas memiliki fasilitas wifi dan setiap siswa memiliki notebook ataupun smartphone pribadi yang diperbolehkan untuk dibawa ke sekolah. Fasilitas tersebut belum dimanfaatkan dengan maksimal, dan juga siswa masih sulit dalam memahami materi ikatan kimia, sehingga dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web yang dapat menggabungkan beberapa media seperti teks, video, dan gambar. Media pembelajaran berbasis web juga dapat diakses di mana saja selama mempunyai jaringan internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil validasi, respon guru dan juga respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis web. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan lembar angket, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil validasi oleh tim ahli diperoleh persentase rata-rata keseluruhan sebesar 91% dengan kriteria media sangat valid. Hasil persentase respon guru terhadap media sebesar 98% yang termasuk kedalam kriteria sangat baik, dan respon siswa juga memperoleh hasil yang sangat baik dengan persentase sebesar 88%. Dengan demikian media interaktif berbasis web pada materi ikatan kimia dapat dikembangkan di SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Shelawati Shela
Date Deposited: 30 Mar 2021 03:13
Last Modified: 30 Mar 2021 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16637

Actions (login required)

View Item
View Item