Peran Aparatur Gampong Dalam Memakmurkan Mesjid Di Desa Tuwi Kareung Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya

Oki Zulfata, 140402029 (2020) Peran Aparatur Gampong Dalam Memakmurkan Mesjid Di Desa Tuwi Kareung Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Aparatur Gampong Dalam Memakmurkan Mesjid Di Desa Tuwi Kareung Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya]
Preview
Text (Peran Aparatur Gampong Dalam Memakmurkan Mesjid Di Desa Tuwi Kareung Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya)
Oki Zulfata, 140402029, FDK, BKI, 082274261543.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penilitian ini berjudul “Peran Aparatur Gampong Dalam Memakmurkan Mesjid (Studi Kasus di Gampong Tuwi Kareung Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya)”. Selama ini di Gampong Tuwi Kareung dalam memakmurkan Mesjid masih belum maksimal sepenuhnya terutama Pada jumlah jamaah shalat lima waktu dan juga tentang pembangunan Mesjid beserta fasilitas-fasilitas yang ada di Mesjid. Fokus masalah disini adalah bagaimana peran Aparatur Gampong dalam memakmurkan Mesjid di Gampong tuwi Kareung dan capaian yang diperoleh Aparatur Gampong serta Peluang dan tantangan Aparatur Gampong dalam Memakmurkan Mesjid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran dari Aparatu Gampong dalam memakmurkan Mesjid dan capaian Aparatur Gampong serta peluang dan juga tantangan yang dialami Aparatur Gampong dalam Memakmurkan Mesjid di desa Tuwi Kareung Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Deskriptif. Subjek dalam penilitian ini adalaha 9 orang Aparatur Gampong. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik Observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah mendapatan data dari lapangan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam, Aparaur Gampong sudah melaksanakan membuat gotong royong di lingkungan Mesjid dan membuat kegiatan-kegiatan keagamaan di Mesjid. Adapun capaian yang diperoleh Aparatur Gampong selama ini dalam memakmurkan Mesjid adalah dengan telah dilaksanakannya pengajian untuk anak-anak, majelis ta’lim, yasinan bagi ibu-ibu dan ceramah keagamaan dalam menyambut hari-hari besar Islam, dzikir di Mesjid, serta diadakannya musyawarah di Mesjid dan telah terjadi peningkatan jumlah jamaah shalat di Mesjid. Adapun peluangnya adalah Aparatur Gampong akan meminta sumbangan dana pada masyarakat yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit dan sumbangan suwadaya dari masyarakat biasa. Pihak Aparatur Gampong juga akan memberikan sumbangan dana dari sebagian gaji mereka untuk pembangunan Mesjid dan akan mengalokasikan sedikit dana desa untuk kelancaran pembangunan Mesjid.Terdapat beberapa tatangan yang dihadapi oleh Aparatur Gampong dalam memakmurkan Mesjid adalah kurangnya dana dan partisipasi masyarakat serta perstujuan masyarakat dalam memakmurkan Mesjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Memakmurkan Mesjid, Aparatur Gampong dan Dana.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Oki Zulfata Oki
Date Deposited: 30 Mar 2021 02:13
Last Modified: 30 Mar 2021 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16639

Actions (login required)

View Item
View Item