Mahar sebagai Penentu Stratifikasi Sosial Masyarakat (Studi pada Gampong Lamleuot Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar)

Maulida, 150305024 (2020) Mahar sebagai Penentu Stratifikasi Sosial Masyarakat (Studi pada Gampong Lamleuot Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Mahar sebagai Penentu Stratifikasi Sosial Masyarakat]
Preview
Text (Tentang Mahar sebagai Penentu Stratifikasi Sosial Masyarakat)
Maulida, 150305024, FUF, SA, 082361609854.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mahar atau Mas kawin bagi masyarakat Aceh identik dengan emas. Besarnya pemberian mahar atau emas kawin berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Jumlahnya disesuaikan dengan adat gampong dari masing-masing tempat pengantin laki-laki atau perempuan. Mahar dalam budaya Aceh ialah suatu tanda yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai rasa cintanya terhadap perempuan yang ingin dinikahinya. Penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan secara mendalam tentang strata sosial yang ada dalam masyarakat Gampong Lamleuot Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Masyarakat Gampong Lamleuot. Masyarakat Gampong Lamleuot terdiri dari lapisan sosial yang berbeda-beda. Lapisan-lapisan ini membuat masyarakat untuk saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Golongan atau strata sosial dapat dijumpai di dalam masyarakat manapun. Selalu di dalam masyarakat terdapat perbedaan golongan sosial dan bertingkat-tingkat antara satu golongan dengan golongan yang lain. Golongan yang berlapis-lapis disebut juga dengan stratifikasi sosial. Ada tiga strata sosial pada masyarakat Lamleuot bila dilihat dari jumlah mahar yang akan diterima oleh perempuan. Strata sosial tertinggi, menengah dan bawah. Mahar tidak boleh melebihi batas-batas kelas sosial itu. Bila terjadi maka keluarga si perempuan akan mendapatkan hukuman sosial seperti menjadi bahan cemooh atau gunjang ganjing di Gampong tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:12
Last Modified: 29 Mar 2021 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16653

Actions (login required)

View Item
View Item