Peran Penyuluh Agama dalam Memberikan Bimbingan Agama pada Keluarga Muslim di Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam

Putri Hanah Anggara, 160402103 (2021) Peran Penyuluh Agama dalam Memberikan Bimbingan Agama pada Keluarga Muslim di Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Peran Penyuluh Agama dalam Memberikan Bimbingan Agama pada 	 Keluarga Muslim di Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam]
Preview
Text (Tentang Peran Penyuluh Agama dalam Memberikan Bimbingan Agama pada Keluarga Muslim di Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam)
Putri hanah Anggara, 160402103, FDK, BKI, 082179938485.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Peran penyuluh sebagai pembimbing umat dengan rasa tanggung jawab, membawa masyarakat kepada kehidupan yang aman dan sejahtera. Penyuluh agama sebagai pemuka agama selalu membimbing, mengayomi dan menggerakkan masyarakat untuk berbuat baik dan menjauhi perbuatan yang terlarang, mengajak dan membina masyarakat, baik dalam urusan kemasyarakatan maupun keagamaan. Penelitian ini menjelaskan peran penyuluh agama dalam memberikan bimbingan agama pada keluarga muslim yang minim pengetahuan agama dan kurangnya minat untuk mendalami pengetahuan keagamaan. Seharusnya setiap masyarakat apalagi yang hidup berdampingan dengan penganut agama lainnya harus memperoleh pengetahuan agama yang kuat agar tidak mudah terpengaruh aqidah dan budaya dari luar. Rumusan Masalah penelitian ini adalah mengenai peran penyuluh agama dalam memberikan bimbingan agama pada keluarga muslim di Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam, faktor pendukung dan penghambat penyuluh agama dalam memberikan bimbingan agama pada keluarga muslim di kecamatan penanggalan kota subulussalam dan hasil bimbingan agama pada keluarga muslim di Kecamatan Penanggalan selama ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari responden sebanyak 13 orang yaitu satu orang kepala KUA, tiga orang penyuluh agama, tiga orang kepala desa, dan enam orang kepala keluarga muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penyuluh agama dalam memberikan bimbingan agama sudah berperan secara optimal sesuai dengan kemampuan mereka dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan. Namun, dikarenakan masyarakat masih lebih memprioritaskan kesibukan masing-masing hal ini dapat menjadi faktor penghambat kegiatan. Akan tetapi untuk kedepannya penyuluh agama berupaya untuk meningkatkan kinerjanya terutama dalam menarik minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan bimbingan agama tersebut terkhusus pada keluarga atau masyarakat muslim di desa-desa yang non muslimnya relatif banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Putri Hanah Anggara Putri
Date Deposited: 29 Mar 2021 02:32
Last Modified: 29 Mar 2021 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16661

Actions (login required)

View Item
View Item