Desain Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry pada Meteri Asam Basa di SMA Negeri 1 Rundeng Kota Subulussalam

Patmawati, 160208008 (2021) Desain Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry pada Meteri Asam Basa di SMA Negeri 1 Rundeng Kota Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Desain Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry pada Meteri Asam Basa di SMA Negeri 1 Rundeng Kota Subulussalam]
Preview
Text (Desain Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry pada Meteri Asam Basa di SMA Negeri 1 Rundeng Kota Subulussalam)
Patmawati, 160208008, FTK, PKM, 085805916554_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Rundeng Kota Subulussalam, didapatkan informasi dimana kegiatan pembelajaran praktikum belum tersedia penuntun praktikum yang memfasilitasi dan memudahkan siswa dalam melakukan praktikum kimia. Praktikum kimia tidak lepas dari pemakaian bahan yang bisa membahayakan praktikan, serta dapat merusak lingkungan dari limbah yang dihasilkan saat melakukan prakrikum kimia. Dalam mengatasi kerusakan lingkungan dan keamanan praktikan saat melakukan praktikum, dilakukan pembelajaran yang berbasis greem chemistry. Green chemistry merupakan salah satu pembelajaran ilmu kimia yang fokus dalam membuat dan menghasilkan bahan kimia yang aman, dan meiliki 12 azas dalam melakukan perlindungan lingkungan dalam pembelajaran ilmu kimia. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan validasi dan angket, dengan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh dari tiga pakar ahli bahwa nilai persentase yang didapatkan dari validasi penuntun praktikum adalah 86 % dengan kriteria sangat layak, dan hasil persentase yang diperoleh dari data angket respon siswa yaitu 88 % dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil data yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa desain penuntun praktikum kimia berbasis green chemistry pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Rundeng Kota Subulussalam sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Patmawati Patma
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:16
Last Modified: 29 Mar 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16662

Actions (login required)

View Item
View Item