Pengelolaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar

Julvita Julianti, 160206118 (2021) Pengelolaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar]
Preview
Text (Pengelolaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar)
Julvita Julianti, 160206118, FTK, MPI, 085207404924_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan bimbingan belajar suatu perencanaan yang disusun dalam bimbingan belajar, bimbingan belajar salah satu bentuk layanan yang sangat penting diberikan kepada peserta didik, Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan kendala dalam kegiatan bimbingan belajar di SMA Negeri 2 kuta baro aceh besar, namun permasalahan yang dihadapi yaitu masih lemahnya pengelolaan bimbingan belajar yang diberikan pada peserta didik, sehingga apabila hal ini dibiarkan akan memberikan pengaruh pada prestasi belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan dalam bimbingan belajar di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar diawali dengan kegiatan mencatat kebutuhan peserta didik, dilanjutkan dengan penujukkan guru dalam kegiatan bimbingan belajar sesuai dengan bidang yang ditekuninya, Fasilitas yang akan digunakan, biaya pelaksanaan, alokasi waktu dan tempat, terakhir yaitu evaluasi. (2) pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar dilakukan di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar dilaksanakan oleh guru sesuai dengan jadwal, dilaksanakan les selama 60 menit di mulai pada pukul 3 sore di kelas. Dalam pelaksanaanya peserta didik dikelompokkan menurut pelajaran yang mereka pilih, metode bimbingan belajar diawali dengan metode memberi motivasi belajar dan dilanjutkan dengan soal-soal serta sesi Tanya jawab. Akan tetapi pada masa pandemi covid-19 ini, bimbingan belajar dilakukan melalui online tanpa bertatap muka. (3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan bimbingan belajar di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar berupa: perbedaan pendapat atau cara mendidik guru yang berbeda dan keterlambatan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Julvita Julianti Julvita
Date Deposited: 30 Mar 2021 02:20
Last Modified: 30 Mar 2021 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16669

Actions (login required)

View Item
View Item