Analisis Pelayanan Perpustakaan Keliling Di Kota Banda Aceh

Ira Asmara, 531202934 (2019) Analisis Pelayanan Perpustakaan Keliling Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Analisis Pelayanan Perpustakaan Keliling Di Kota Banda Aceh)
Ira Asmara, 531202934, FAH, IP, 082368163087.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Layanan perpustakaan keliling pada dasarnya bersifat terbuka, karena perpustakaan keliling melayani semua lapisan masyarakat tanpa membedakan sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, kepercayaan ataupun, status lainya. Secara umum perpustakaan keliling berfungsi sebagai perpustakaan umum yang melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan perpustakaan umum. Adapun latar belakang penelit ingin mengetahui bagaimana layanan perpustakaan keliling yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh ini berjalan. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pelayanan Perpustakaan Keliling Di Kota Banda Aceh”
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, faktor-faktor yang mempengaruhi layanan perpustakaan keliling pada Dinas tersebut di atas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan tentang keabsahan data di lakukan dengan cara trianggulasi dan di dokumentasi dengan teori-teori yang ada.
Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh sudah berjalan dengan baik, adanya layanan perpustakaan keliling ini sngat bermanfaat bagi masyarakat. Kedua factor pendukung layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh mulai dari jenis koleksi yang ditawarkan, layanan yang di berikan pustakawan serta jumlah mobil perpustakaan keliling yang lebih dari cukup. Adapun factor penghambatnya jadwal keberangkatan yang tidak tepat waktu, jadwal kunjungan di titik lokasi yang sama hanya berlansung 1 kali dalam sebulan, serta fasilitas masih kurang memadai, seperti computer, layanan internet, dan pemutaran DVD untuk pemutaran film edukasi anak, serta tenaga pelayanan yang berjumlah 4 orang tidak sebanding dengan jumlah armada yang berjalan sebanyak 3 buah mobil layanan perpustakaan keliling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.5 Perpustakaan Pemerintah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ira Asmara Ira
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:00
Last Modified: 30 Mar 2021 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16674

Actions (login required)

View Item View Item
TOP