Pengaruh Penambahan Aktivator Buah Mangga (Mangifera indica) Terhadap Proses Pengomposan Sampah Organik

Nurmalina, 150702030 (2021) Pengaruh Penambahan Aktivator Buah Mangga (Mangifera indica) Terhadap Proses Pengomposan Sampah Organik. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Penambahan Aktivator Buah Mangga (Mangifera indica) Terhadap Proses Pengomposan Sampah Organik)
Nurmalina, 150702030, FST, TL, 082361164304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Buah mangga (Mangifera indica) merupakan salah satu buah musiman yang ketika sudah memasuki masa panen maka akan banyak sampah buah busuk yang berserakan, sehingga perlu diolah agar tidak hanya menjadi sampah buah melainkan bisa dijadikan sesuatu yang berguna seperti dibuat pupuk kompos maupun aktivator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kualitas kompos dengan SNI 19-7030-2004 terhadap pengaruh penambahan aktivator buah mangga, serta mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi aktivator mangga terhadap lama waktu pengomposan. Penelitian ini dilakukan di Composting House skala kawasan yang terletak di Gampong Ilie Kecamatan Ulee Kareng. Waktu penelitian dimulai dari bulan Agustus sampai dengan Oktober 2020. Mangga difermentasikan selama 16 hari, dan proses pengomposan dilakukan selama 26 hari dengan konsentrasi aktivator pada wadah A (kontrol), wadah B (1 L), wadah C (2 L) dan wadah D (3 L). Parameter yang diukur yaitu, fisik (warna, tekstur dan bau), suhu, kelembapan, pH, CNPK dan C/N-rasio. Hasil penelitian menunjukkan, tanpa dan dengan variasi konsentrasi aktivator memberikan pengaruh terhadap lama (waktu) pengomposan, waktu yang dibutuhkan masing-masing wadah (A, B, C, dan D) yaitu 26 hari, 24 hari, 22 hari dan 21 hari. Dengan fisik kompos berwarna hitam kecoklatan, bertekstur halus dan gembur, serta berbau tanah. Namun untuk wadah A, hari ke-26 bahan baku kompos dari rumput dan daun belum hancur secara sempurna. Suhu, kelembapan, dan pH yang didapat pada akhir pengomposan keempat wadah percobaan menunjukkan sudah sesuai dengan SNI 19-7030-2004, namun pH untuk wadah A dan B sedikit berkurang dari syarat yang ditentukan. Hasil kandungan unsur hara makro kompos (CNPK dan C/N-rasio) pada keempat wadah percobaan menunjukkan tidak memberi pengaruh terhadap penambahan aktivator. Hasil analisis unsur hara makro kompos yang didapat pada keempat wadah telah memenuhi standar kualitas kompos menurut SNI 19-7030-2004.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Husnawati Yahya, M.Sc. Pembimbing II : Arief Rahman, M.T
Uncontrolled Keywords: Mangga, sampah organik, kompos, parameter kompos
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nurmalina Nurmalina
Date Deposited: 06 Apr 2021 03:04
Last Modified: 06 Apr 2021 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16723

Actions (login required)

View Item View Item
TOP