Hubungan Perilaku Agresif dengan Hasil Belajar Siswa di MTsS Darul Hikmah Kajhu

Muhammad Firdaus, 160213114 (2021) Hubungan Perilaku Agresif dengan Hasil Belajar Siswa di MTsS Darul Hikmah Kajhu. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text (Hubungan Perilaku Agresif dengan Hasil Belajar Siswa di MTsS Darul Hikmah Kajhu)
Muhammad Firdaus, 160213114, FTK, BK, 082273099994.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Perilaku Agresif adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk menyakiti atau melukai orang lain. Perilaku agresif akan mempengaruhi sikap siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dimana perilaku agresif akan berpengaruh pada penilaian guru terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku agresif siswa, faktor yang mempengaruhi perilaku agresif siswa, hubungan perilaku agresif dengan hasil belajar siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods, metode yang menggabungkan kedua penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif. Populasi berjumlah 275 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 71 orang siswa. Subjek penelitian terdiri dari 5 informan, yaitu waka kesiswaan, guru bimbingan konseling, dan 3 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku agresif, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan untuk kualitatif adalah Model Miles dan Huberman. Analisis yang digunakan untuk kuantitatif adalah uji korelasi product moment untuk melihat hubungan perilaku agresif dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perilaku agresif siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu diantaranya perilaku agresif fisik, perilaku agresif verbal, perilaku agresif kemarahan, perilaku agresif permusuhan, perilaku agresif menyerang suatu objek dan perilaku agresif pelanggaran terhadap hak milik. Untuk faktor yang mempengaruhi perilaku agresif siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya keyakinan normatif, amarah dan frustasi. Sedangkan faktor eksternal diantaranya provokasi, teman sebaya, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku agresif dengan hasil belajar siswa di MTsS Darul Hikmah Kajhu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hj. Chairan M. Nur, M. Ag., Pembimbing II : Elviana, S.Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku Agresif dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Muhammad Firdaus Firdaus
Date Deposited: 06 Apr 2021 02:10
Last Modified: 06 Apr 2021 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16741

Actions (login required)

View Item View Item
TOP