Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa YPAC II Desa Santan Lueng Banda Aceh

Muhammad Oriza, 140206087 (2021) Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa YPAC II Desa Santan Lueng Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa YPAC II Desa Santan Lueng Banda Aceh]
Preview
Text (Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa YPAC II Desa Santan Lueng Banda Aceh)
Muhammad Oriza, 140206087, FTK, MPI, 08995451854.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana pendidikan merupakan proses kerjasama pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif dan efisien. Pengelolaan sarana dan prasarana bertugas untuk mengatur dan menjaga saran dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi secara optimal dalam menjalankan proses pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SDLB YPAC II Desa Santan, Lueng Bata, Kota Banda Aceh. Yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sarana dan prasarana, dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan pendidikan anak berkebutuhan khusus di SDLB YPAC II Desa Santan, Lueng Bata, Kota Banda Aceh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam peningkatan proses pembelajaran ini dimulai dari perencanaan, pengadaan, pendistribusian, inventarisasi, pemeliharaan, dan penghapusan sarana dan prasarana sudah berjalan dengan baik, namun belum secara keseluruhan. Peneliti berharap penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi ilmiah untuk memperoleh manfaat dan pengembangan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Oriza Oriza
Date Deposited: 06 Apr 2021 03:20
Last Modified: 06 Apr 2021 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item
View Item