Hubungan antara Harga Diri dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Berorganisasi di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Ulfa Muliana, 150901117 (2020) Hubungan antara Harga Diri dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Berorganisasi di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Hubungan antara Harga Diri dengan Kepercayaan Diri]
Preview
Text (Tentang Hubungan antara Harga Diri dengan Kepercayaan Diri)
Ulfa Muliana, 150901117, FIP, PSI, 082275423098.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri merupakan kayakinan individu akan kemampuan diri untuk bertingkah laku sesuai dengan yang diharapkan, bertanggungjawab terhadap tindakan, merasa puas terhadap diri baik yang bersifat batiniah maupun jasmaniah, tidak terpengaruh oleh orang lain serta mampu mengendalikan diri dalam mencapai tujuan yang diharapkannya. Salah satu faktor yang memicu timbulnya kepercayaan diri pada individu adalah harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara harga diri dengan kepercayaan diri pada mahasiswa berorganisasi di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasinal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 577 mahasiswa yang berorganisasi di Fakultas Syariah dan Hukum dengan diperoleh sampel sebanyak 221 mahasiswa berorganisasi dengan metode penarikan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala harga diri berdasarkan aspek dari Coopersmith diperoleh hasil reliabilitas sebesar 0,757, dan skala kepercayaan diri berdasarkan aspek dari Lautser diperoleh hasil reliabilitas sebesar 0,880. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat sangat signifikan antara harga diri dengan kepercayaan diri pada mahasiswa berorganisasi di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dengan hasil analisis berdasarkan uji korelasi Pearson yang menunjukkan bahwa nilai r = 0,651, merupakan korelasi positif dengan p = 0,000 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Ulfa Muliana Ulfa
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:13
Last Modified: 07 Apr 2021 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16777

Actions (login required)

View Item
View Item