Pengaruh Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia Siswa Kelas X IPA MAS Darul Ihsan

Husri, 291121666 (2016) Pengaruh Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia Siswa Kelas X IPA MAS Darul Ihsan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
Husri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia disekolah merupakan suatu mata pelajaran yang masih dianggab sulit untuk dipahami oleh siswa. Proses pembelajaran yang disampaikan membuat siswa kurang aktif untuk memberikan argumen terhadap materi kimia. Pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru, siswa hanya menghafal konsep dari materi yang diajarkan, sehingga hasil yang didapat dari proses belajar siswa tidak memenuhi standar nilai KKM. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat membuat siswa tidak tertarik untuk mempelajari kimia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana respon siswa terhadap model PBL (Problem Based Learning) pada materi ikatan kimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar? (2) bagaimana pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar ikatan kimia siswa kelas X IPA di MAS Darul Ihsan Aceh Besar?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode eksperimen, kelas eksperimen-kelas kontrol. Penentuan sampel berdasarkan perposive sampling, dan tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan angket terhadap pembelajaran dengan penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada materi ikatan kimia. Tekhnik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji t hasil belajar siswa dan persentase untuk respon siswa. Perhitungan yang dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai thitung >ttabel, yaitu 3,61 > 2,0105. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Persentase respon siswa di kelas eksperimen memperoleh hasil dengan persentase positif yaitu sebanyak 85,34%, sehingga tanggapan siswa menunjukkan bahwa banyak siswa yang tertarik dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Dari penelitian ini, maka bisa dikatakan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) bisa diterapkan di MAS Darul Ihsan Aceh Besar kelas X IPA pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Ramli Abdullah M.Pd; NIP. 195804171989031002; 2. Ir. Amna Emda, M.Pd; NIP. 196807091991012002
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PBL (Problem Based Learning), Hasil Belajar, Respon Siswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:17
Last Modified: 17 Nov 2017 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item
TOP