Internalisasi Budaya Sekolah Islam dan Pengaruhnya dalam Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas VII MTs N 4 Pidie

Fadhil Akbar, 211323855 (2021) Internalisasi Budaya Sekolah Islam dan Pengaruhnya dalam Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas VII MTs N 4 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Internalisasi Budaya Sekolah Islam dan Pengaruhnya dalam Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas VII MTs N 4 Pidie]
Preview
Text (Internalisasi Budaya Sekolah Islam dan Pengaruhnya dalam Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas VII MTs N 4 Pidie)
Fadhil Akbar, 211323855, FTK, PAI, 082360005546.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sekolah Islam adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan Al-Qur’an dan As Sunnah atau penyelenggaraannya memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Salah satu sekolah yang menginternalisasikan budaya sekolah Islam ialah MTs N 4 Pidie.
Penilitian ini mengangkat masalah bagaimana bentuk internalisasi budaya sekolah Islam di MTs N 4 Pidie dan bagaimana pengaruh internalisasi budaya sekolah Islam terhadap interaksi sosial siswa kelas VII MTs N 4 Pidie.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Tekni pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bentuk internalisasi budaya sekolah Islam di MTs N 4 Pidie terlihat pada aspek rutinitas mengerjakan ibadah shalat secara berjamaa’ah, sifat saling menghormati, budaya bersih, saling menolong, gotong royong dan pemberian berbagai ilmu pengetahuan agama Islam dalam bentuk pengajian yasinan serta ceramah agama yang dipimpin langsung oleh para ustadz dan ustazah. Penerapan budaya sekolah Islam telah mempengaruhi kehidupan para siswa dalam berinteraksi di lingkungan seperti mengormati para guru dan sesama siswa, terbiasa dalam menjalankan ibahdah shalat berjama’ah tanpa adanya intruksi dari pihak sekolah. Siswa mematuhi berbagai peraturan sekolah yang telah ditetapkan seperti menjaga kebersihan lingkungan sekolah, disiplin dalam proses belajar mengajar dan ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler seperti memperingati hari besar nasional serta hari besar Islam.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa internalisasi budaya sekolah Islam di MTs N 4 Pidie sudah terealisasikan dalam kehidupan siswa sehingga siswa berprilaku dengan baik tanpa melanggar peraturan yang telah dibuat oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadhil Akbar Fadhil
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:11
Last Modified: 09 Apr 2021 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16815

Actions (login required)

View Item
View Item