Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Komunikasi Belajar Siswa di SMALB Bukesra Banda Aceh

Cut Zahara, 150206114 (2021) Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Komunikasi Belajar Siswa di SMALB Bukesra Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Komunikasi Belajar Siswa di SMALB Bukesra Banda Aceh]
Preview
Text (Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Komunikasi Belajar Siswa di SMALB Bukesra Banda Aceh)
Cut Zahara, 150206114, FTK, MPI, 081263184178.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen peserta didik ialah suatu penataan atau pengaturan segala aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik, yaitu dari mulai masuknya peserta didik sampai keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekolah atau suatu lembaga, akan tetapi masih adanya komunikasi antara guru dengan siswa yang kurang efektif dalam proses belajar mengajar, khususnya bagi anak tuna rungu dalam menggunakan bahasa isyarat. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa dan faktor penghambat dan pendukung pengelolaan peserta didik di SMALB Bukesra Banda Aceh. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas dan guru bidang kesiswaan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan peserta didik, guru melakukan komunikasi manual dan membaca ujaran seperti gerakan tangan, ekspresi wajah, gerakan bibir. Dalam penyampaian materi, guru harus menyampaikan secara jelas. Sarana dan prasarana yang lengkap, seperti tunarungu membutuhkan komunikasi yang baik karena mereka kurang pendengaran saat komunikasi atau berbicara. Untuk tuna netra mereka membutuhan mobilasi atau menuntun diri. Untuk tuna grahita dan mereka membuthkan bela diri, tuna daksa mereka membutuhkan melatih fisik. Faktor penghambat pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa yaitu peserta didik kurang pendengaran, penglihatan, bicara, lemah mental, kemudian adanya anak daunsindrom yang tidak bisa melakukan proses belajar mengajar seperti anak lainnya, seperti area sekolah dan kurangnya sarana prasarana. Faktor pendukung pengelolaan peserta didik yaitu untuk anak tunarungu harus menguasai bahasa isyarat, adanya sarana prasarana, harus adanya asesmen sebelum pembelajaran dan guru harus bisa memahami keadaan siswa sesuai bakat dan minatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cut Zahara Cut
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:18
Last Modified: 08 Apr 2021 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16823

Actions (login required)

View Item
View Item