Analisis Konsep Fiqh Muamalah terhadap Upah TKW yang Bekerja ke Malaysia melalui Agen Penyalur. (studi kasus di Desa Alue Dua Bakaran Batee Kecamatan Langsa Baro)

Syahfira Aprilia, 160102142 (2021) Analisis Konsep Fiqh Muamalah terhadap Upah TKW yang Bekerja ke Malaysia melalui Agen Penyalur. (studi kasus di Desa Alue Dua Bakaran Batee Kecamatan Langsa Baro). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Tentang Analisis Konsep Fiqh Muamalah)
Syahfira Aprilia, 160102142, FSH, HES, 081265584126.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Minimnya lapangan pekerjaan di Indonesia mengakibatkan beberapa masyarakat di Desa Alue Dua Bakaran Batee memilih untuk bekerja ke Malaysia sebagai TKW demi memenuhi kebutuhan hidupnya, masyarakat yang memilih untuk menjadi TKW di Malaysia pada umumnya tergiur dengan upah yang lebih besar dibandingkan di daerahnya. Upah yang bersifat pekerjaan dalam hukum Islam di sebut sebagai akad Ija>rah Bi Al-'Amal. Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana sistem pengupahan terhadap TKW Desa Alue Dua Bakaran Batee Kecamatan Langsa Baro yang bekerja ke Malaysia, serta bagaimana analisis terhadap agen (simsa>r)dan pengupahan TKW Desa Alue Dua Bakaran Batee Kecamatan Langsa Baro yang bekerja ke Malaysia di tinjau dari akad Ija>rah Bi Al-'Amal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya bersifat deskriptif analisis yaitu menganalisis permasalahan yang dikemukakan, Pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode wawancara. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa TKW ketika akan bekerja ke Malaysia diberangkatkan oleh agen (simsa>r) dengan cara membuat paspor kunjungan ke Malaysia, yang mana nantinya akan dibuatkan permit kerja oleh majikan di Malaysia. Dalam proses pengupahan nya, yang dilakukan antara agen (simsa>r)dan TKW pada awal perjanjian telah memenuhi rukun dan syarat akad Ija>rah Bi Al-'Amal, namun pada praktek nya terdapat perbedaan upah dan pekerjaan yang dilakukan dari apa yang telah diperjanjikan di awal. Sehingga tidak sesuai dengan akad ija>rah. Dan menimbulkan kerugian bagi TKW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Syahfira Aprilia Ira
Date Deposited: 09 Apr 2021 02:27
Last Modified: 09 Apr 2021 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16845

Actions (login required)

View Item View Item
TOP