Analisis Respon Produsen Terhadap Pelayanan Sertifikasi Halal Era Digital Di Kota Banda Aceh

M Nuzulul Putra, 160602171 (2020) Analisis Respon Produsen Terhadap Pelayanan Sertifikasi Halal Era Digital Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text (Analisis Respon Produsen Terhadap Pelayanan Sertifikasi Halal Era Digital Di Kota Banda Aceh)
M Nuzulul Putra, 160602171, FEBI, ES, 0895411458761.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

LPPOM MUI merupakan lembaga tunggal yang menerbitkan sertifikasi halal. Adanya sistem baru dalam kepengurusan sertifikasi halal membutuhkan sosialisasi serta adaptasi terhadap proses tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respons produsen terhadap pelayanan sertifikasi halal di era digital yang diselenggarakan oleh KEMENAG dan LPPOM MPU. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data library research dan field research melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses sertifikasi halal produk masih dilaksanakan oleh LPPOM MPU Aceh, hal ini belum sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2019 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yaitu Undang-udang nomor 33 tahun 2014. LPPOM MPU Aceh sudah melaksanakan perannya namun masih belum optimal dikarenakan beberapa kendala. Respons masyarakat terhadap pelayanan sertifikasi halal yang diberikan oleh LPPOM MPU sudah cukup baik, akan tetapi mayoritas produsen baik muslim ataupun non muslim menyatakan belum efisien dikarenakan lambatnya waktu diterbitkan sertifikat halal, serta akademisi juga berpendapat bahwa proses kepengurusan sertifikasi halal di Aceh khususnya Banda Aceh belum optimal dikarenakan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga membuat proses tersebut menjadi lambat. LPPOM MPU Aceh sudah menyediakan kepengurusan sertifikasi halal secara online namun di era digital ini mayoritas dari produsen Kota Banda Aceh masih belum memanfaatkan hal tersebut, produsen lebih memilih datang langsung ke LPPOM untuk mengurus sertifikasi halal produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nilam Sari, Lc., M.Ag Pembimbing II : Rina Desiana M.E
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Produsen, KEMENAG, LPPOM MPU, Era Digital
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Depositing User: M Nuzulul Putra
Date Deposited: 09 Apr 2021 02:44
Last Modified: 09 Apr 2021 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16849

Actions (login required)

View Item View Item
TOP