Analisis Perencanaan Pengelolaan Keuangan Gampong di Gampong Krueng Anoi Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar

Rizki Mulyani, 14802012 (2019) Analisis Perencanaan Pengelolaan Keuangan Gampong di Gampong Krueng Anoi Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Tentang Analisis Perencanaan Pengelolaan Keuangan Gampong)
Rizki Mulyani, 140802012, FISIP, IAN, 085371239197.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Gampong atau desa merupakan pemerintah terkecil yang memiliki sistem penyelenggaraan pemerintahanya sendiri, termasuk salah satu gampong di Kabupaten Aceh Besar Kecamatan Kuta Baro, gampong tersebut ialah Gampong Krueng Anoi. gampong Krueng Anoi, diberikan wewenang oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pemerintahannya sendiri, termasuk dalam perencanaan pengelolaan keuangan gampong, hal ini dapat dilihat dari pembangunan fisik dan non fisik di gampong tersebut yang masih belum ada perubahan secara signifikan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui beberapa hal. Pertama, untuk mengetahui proses perencanaan pengelolaan keuangan gampong di gampong Krueng Anoi. Penelitian ini dilakukan di gampong Krueng Anoi Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, dan menggunakan metode deskriptif dengan teknik wawancara. KeduaHasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan di gampong Krueng Anoi meliputi 4 tahapan yaitu, rapat internal pra musrenbang untuk usulan program. Kemudian Musrenbang, untuk memutuskan secara mufakat program yang akan dilaksanakan. Ketiga adalah merumuskan hasil musrenbang dalam bentuk Dokumen RKPG, dan ketiga pembuatan rencana kerja perencanaan gampong atau di singkat dengan RKPG untuk diajukan ke pemerintah kecamatan. Keempat pembuatan dokumen anggaran desa disebut dengan APBG yang disetujuai oleh Tuha peut dengan keluarnya surat keputusan tentang Anggaran pendapatan Belanja Gampong yang terdapat pada Qanun N0. 2 tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses sudah sesuai dengan ketentuan perundangan, namun tingkat pertisipasi masyarakart belum maksimal dikarenakan masyarakat tidak dilibatkan secara langsung serta pasifnya pemahaman masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rizki Mulyani Rizki
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:57
Last Modified: 09 Apr 2021 04:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16851

Actions (login required)

View Item View Item
TOP