Analisis Kelayakan Listrik Rumah Tangga Di Desa Purworejo Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya

Anggi Sumarna, 160211023 (2021) Analisis Kelayakan Listrik Rumah Tangga Di Desa Purworejo Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Analisis Kelayakan Instalasi Listrik Rumah Tangga Di Desa Purworejo Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya)
Anggi Sumarna, 160211023, FTK, PTE, 081360553499.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Instalasi listrik rumah tangga seiring dengan waktu mengalami perubahan baik secara kualitas maupun secara kuantitas. Kualitas instalasi listrik yang semakin menurun dan perubahan kuantitas titik bebannya sangat berpengaruh terhadap kelayakan instalasi listrik dan keselamatan pemakainya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat persentase kelayakan instalasi listrik rumah tangga dan factor-faktor yang menyebabkan ketidaklayakan intsalasi listrik rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di Desa Purworejo Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Objek yang diteliti sebanyak 20 rumah dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel acak. Intrumen yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah Tingkat Persentase instalasi listrik rumah tangga di Desa Purworejo Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya di atas umur 15 tahun sebesar 35% layak (berjumlah 7 rumah) dan 65% tidak layak (berjumlah 13 rumah) dan factor penyebab ketidaklaykan instalasi listrik disebabkan karena adanya kerusakan pada perlengkapan instalasi berupa stop kontak yang pecah/meleleh, grounding yang telah rusak, dan tidak memiliki grounding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Hari Anna Lastya, M.T 2. Mursyidin, M.T
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, Instalasi Listrik, Rumah Tangga
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Anggi Sumarna Anggi
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:20
Last Modified: 09 Apr 2021 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16855

Actions (login required)

View Item View Item
TOP