Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga pada Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Anak Usia 5-6 Tahun di KB Melati Putih Kampung Ekan Gayo Lues

Kurniatisyah, 160210050 (2021) Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga pada Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Anak Usia 5-6 Tahun di KB Melati Putih Kampung Ekan Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga]
Preview
Text (Tentang Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga)
Kurniatisyah, 160210050, FTK, PIAUD, 082165130451.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kemampuan anak dalam mengenal huruf abajd pada anak masih kurang mampu dalam menyebutkan simbol dan huruf, mengenal huruf, membedakan huruf, memahami huruf, sebagian besar peserta didik kurang mengerti dan paham tentang media yang diberikan guru, sehingga anak tidak paham sama sekali tentang bentuk huruf dan pengucapannya masih tebalik-balik, media pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh penggunaan media ular tangga dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 5-6 tahun di KB Melati Putih Kampung Ekan Gayo Lues. Rancangan penelitian ini adalah pre-exsperimental desains dengan desain one group pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelompok B yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 50 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu kelompok B1 sebanyak 15 peserta didik menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat kemampuan anak terhadap mengenal Huruf Abjad. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan anak terhadap mengenal huruf abjad selama proses pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga tergolong meningkat yang dikategorikan BSB dengan rata-rata persentase 80,0%. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung= 13,7 dan ttabel= 1,761 dengan derajat bebas (db) yaitu 14 pada taraf signifikan α= 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung> t tabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian Penggunaan media ular tangga meningkat digunakan dengan N-gain sebesar 0,7 dalam kategori tinggi terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 5-6 tahun di KB Melati Putih Kampung Ekan Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Kurniatisyah Kurniatisyah
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:54
Last Modified: 09 Apr 2021 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16867

Actions (login required)

View Item
View Item