Pengaruh Korean Pop Terhadap Perubahan Nilai Spiritual pada ARMY Banda Aceh

Auriza Safitri, 160201059 (2021) Pengaruh Korean Pop Terhadap Perubahan Nilai Spiritual pada ARMY Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengaruh Korean Pop Terhadap Perubahan Nilai Spiritual pada ARMY Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Korean Pop Terhadap Perubahan Nilai Spiritual pada ARMY Banda Aceh)
Auriza Safitri, 160201059, FTK, PAI, 081361128765.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini banyak fenomena yang dapat mempengaruhi diri seorang remaja, salah satunya adalah fenomena Korean Pop. Korean Pop merupakan budaya musik Korea yang sangat cepat menyebar ke berbagai negara termasuk ke Indonesia, karena Korean Pop berciri khas lagu ceria diiringi modern dance, sehingga sangat cocok dengan gaya hidup remaja tidak terkecuali remaja di Banda Aceh. Salah satu dampak dari merebaknya Korean Pop di komunitas A.R.M.Y Banda Aceh dapat dilihat pada perubahan nilai spiritual yang termasuk di dalamnya yaitu nilai moral, nilai estetika, dan nilai pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Korean Pop terhadap perubahan nilai spiritual pada penggemarnya yang ada di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Mixed Method (metode campuran), dengan cara pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan wawancara. Adapun hasil angket penelitian yang penulis dapatkan yaitu pengaruh Korean Pop terhadap perubahan nilai spiritual pada A.R.M.Y Banda Aceh dengan sampel 22 orang menunjukkan bahwa Korean Pop berpengaruh terhadap perubahan nilai spiritual sebesar 16%, sedangkan
84% disebabkan oleh faktor atau variabel lain. Namun ketika ditinjau kembali dari hasil wawancara pada komunitas A.R.M.Y Banda Aceh terdapat perubahan pada spiritual yang mencakup nilai sosial, nilai estetika, nilai moral, nilai psikologi dan nilai pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Auriza Safitri Auriza
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:58
Last Modified: 09 Apr 2021 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16873

Actions (login required)

View Item
View Item