Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Menyusun Makalah Ilmiah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry (Telaah terhadap makalah ilmiah mahasiswa PAI angkatan 2016)

Cut RiniAnnisa, 160201063 (2021) Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Menyusun Makalah Ilmiah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry (Telaah terhadap makalah ilmiah mahasiswa PAI angkatan 2016). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Menyusun Makalah Ilmiah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry (Telaah terhadap makalah ilmiah mahasiswa PAI angkatan 2016)]
Preview
Text (Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Menyusun Makalah Ilmiah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry (Telaah terhadap makalah ilmiah mahasiswa PAI angkatan 2016))
Cut Rini Annisa, 160201063, FTK, PAI, 085260802277 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menulis sudah menjadi kegiatan yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan akademik seorang mahasiswa, terutama menulis makalah ilmiah yang merupakan tugas yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa di setiap semesternya, namun Problema yang terjadi pada mahasiswa Prodi PAI di fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry yaitu rendahnya pemahaman mereka terhadap sistematika penulisan makalah ilmiah yang baik dan benar. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kompetensi mahasiswa PAI dalam menulis makalah ilmiah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kemampuan mahasiswa PAI dalam memenuhi konten makalah, bagaimana kemampuan mahasiswa PAI dalam memenuhi standa rteknik penulisan dan bagaimana kemampuan mahasiswa PAI dalam menggunakan aspek kebahasaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods atau penelitian kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif. Data pada penelitian ini merupakan makalah mahasiswa PAI angkatan 2016, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa rubrik penskoran, kemudian data tersebut dianalisis melalui studi teks dengan menggunakan metode analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ditemukan bahwa kompetensi mahasiswa PAI dalam memenuhi konten makalah dinyatakan baik, kompetensi mahasiswa PAI dalam memenuhi standar teknik penulisan dinyatakan cukup, dan kompetensi mahasiswa PAI dalam menggunakan aspek kebahasaan juga dinyatakan cukup, akan tetapi setelah peneliti melakukan interpretasi terhadap nilai akhir, ditemukan bahwa di dalam makalah ilmiah mahasiswa PAI masih terdapat plagiasi yang mencapai 50%, yang berarti kemampuan mahasiswa PAI dalam menyusun makalah ilmiah belum sesuai dengan standar makalah ilmiah yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cut Rini Annisa Rini
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:58
Last Modified: 09 Apr 2021 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16874

Actions (login required)

View Item
View Item