Analisis Karakteristik Kemiskinan Petani Sawit Di Aceh Singkil Menurut Perspektif Islam

Nyi Desi Rahmadani, 160602094 (2020) Analisis Karakteristik Kemiskinan Petani Sawit Di Aceh Singkil Menurut Perspektif Islam. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text (Analisis Karakteristik Kemiskinan Petani Sawit Di Aceh Singkil Menurut Perspektif Islam)
Nyi Desi Rahmadani, 160602094, FEBI, ES, 082360070432.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu mata pencaharian bagi petani di beberapa bagian di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kemiskinan petani sawit yang ada di Kabupaten Aceh Singkil menurut perspektif Islam berdasarkan perbandingan antara Garis Kemiskinan yang telah ditetapkan pemerintah dengan karakteristik kemiskinan berdasarkan perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu menjelaskan suatu fenomena dengan mengumpulkan data yang diteliti. Data diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan secara tertutup ataupun wawancara terbuka kepada para responden. Wawancara dilakukan untuk mengetahui tentang petani kelapa sawit dapat memenuhi kebutuhannya beserta keluarga dari bertani kelapa sawit serta dapat membandingkan pendapatan petani yang memiliki lahan sendiri dengan yang mengerjakan lahan milik swasta. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa petani sawit tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhanya jika hanya berpangku pada lahan sawitnya saja dikarenakan besarnya biaya dapat hal pemeliharaan kelapa sawit dan berdasarkan perbandingan pendapatan maka petani sawit yang bekerja pada lahan swasta lebih sejahtera dari pada petani yang memiliki lahan kelapa sawit sendiri dan melihat kemiskinan berdasarkan Garis kemiskinan dengan kemiskinan menurut Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nilam Sari, M.Ag Pembimbing II : Hafizh Maulana, S.P, S.HI., M.E
Uncontrolled Keywords: pengeluaran pemeliharaan, pendapatan dan pengeluaran petani,karakteristik kemiskinan berdasarkan Garis Kemiskinan dan Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.312 Pekerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nyi Desi Rahmadani
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:02
Last Modified: 09 Apr 2021 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16877

Actions (login required)

View Item View Item
TOP