Hubungan Antara Kemandirian dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Nur Amalia, 150901065 (2020) Hubungan Antara Kemandirian dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Hubungan Antara Kemandirian dengan Penyesuaian Diri]
Preview
Text (Tentang Hubungan Antara Kemandirian dengan Penyesuaian Diri)
Nur Amalia, 150901065, FIP, PSI, 082363812703.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Memperoleh pendidikan di perguruan tinggi yang terbaik merupakan keinginan setiap individu, keinginan untuk mendapatkan universitas yang terbaik biasanya tidak harus didapatkan di tempat sendiri atau kota sendiri, hal itu yang mengakibatkan sebagian orang harus memilih merantau untuk mendapatkan pendidikan dan universitas yang di inginkan, salah satunya dengan cara menempuh pendidikan tinggi di negeri asing guna mendapatkan universitas yang terbaik. Namun banyak mahasiswa Malaysia di universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yang sulit dalam menyesuaiakan diri di lingkungan baru, sulitnya dalam penyesuaian diri yang dialami mahasiswa Internasional di universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dikarenakan kurangnya kemandirian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara kemandirian dengan penyesuaian diri pada Malaysia di universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode korelasi. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang. Pengumpulan data menggunakan skala kemandirian dan skala penyesuaian diri dalam bentuk skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Pearson dengan SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian dengan penyesuaian diri pada Malaysia di universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dengan koefisien korelasi 0,809 dan p=0,000 Hal ini didasarkan pada perhitungan statistik yang telah dilakukan dan dapat dilihat nilai taraf signifikan sebesar 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nur Amalia Amalia
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:14
Last Modified: 14 Apr 2021 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16878

Actions (login required)

View Item
View Item